T Dengan Metode Field Trip, MAN 21 Jakarta Ajak Para Siswa Belajar di Seputar Jakarta | Website MAN 21 Jakarta

Dengan Metode Field Trip, MAN 21 Jakarta Ajak Para Siswa Belajar di Seputar Jakarta

Jakarta. Rabu (25/10) civitas akademika MAN 21 Jakarta menggelar kegiatan KBM di luar madrasah. Kegiatan yang diistilahkan sebagai metode Field Trip (karya edukasi atau studi lapangan) ini dengan maksud untuk mengajak peserta didik belajar dalam suasana yang berbeda.

Di tempat-tempat tertentu, seperti museum dan instansi di seputar Jakarta, seluruh siswa dari kelas X, XI dan XII mengikuti pembelajaran secara langsung dengan di dampingi para guru dan wali kelas mereka.

“Tidak berbeda dari pembelajaran biasa, hanya lokasinya dan suasananya saja yang berbeda,” ujar Dasuki wakamad bidang kurikulum saat menyampaikan arahannya dalam rapat persiapan panitia di masjid Abu Abu Bakar Ash-Shiddiq pada Selasa (24/10).

Selain sebagai ajang pembelajaran yang tertuju pada objek materi atau sumbernya secara langsung, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberi pencerahan dari rutinitas keseharian mereka di madrasah. Demikian di antara maksud dari program bidang kurikulum ini.

Pada kesempatan itu, seluruh siswa dari tiga jurusan IIK (Ilmu-ilmu Keagamaan), MIA (Matematika dan Ilmu Alam) dan IIS (Ilmu-ilmu Sosial) melakukan observasi di tempat-tempat yang telah ditentukan sebagaimana kajian materi pada bidangnya masing-masing..

Monumen Kesaktian Pancasila yang ada di Lubang Buaya, PP IPTEK dan Baytul Qur’an/Museum Istiqlal di TMII menjadi konsentrasi para siswa jurusan IIK.

Sementara jurusan MIA hanya mengfokuskan di SAMEO BIOTROP dan PP IPTEK. Sedangkan untuk jurusan IIS melakukan observasinya di BMKG, Museum BI, museum Jakarta, dan PP IPTEK.

Kegiatan yang kali pertamanya digelar madrasah secara serentak ini dilakukan selama sehari penuh sebagaimana kegiatan KBM di madrasah.

Dengan 10 unit bus milik PO. Star Bus, sebanyak lima ratus lebih siswa itu diberangkatkan ke tempat tujuan pukul 07.00 WIB dan kembali pukul 16.30 WIB. (lt)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply