T KULTUM ZHUHUR MAN 21 JAKARTA: MENJADI MANUSIA TERBAIK | Website MAN 21 Jakarta

KULTUM ZHUHUR MAN 21 JAKARTA: MENJADI MANUSIA TERBAIK

Jakarta. “Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat untuk orang lain,” begitu tutur Rizal menerjemahkan salah satu hadis Nabi dalam kultumnya siang tadi (26/7).

Kultum ba’da Zhuhur, suatu kegiatan rutin MAN 21 Jakarta ini diikuti oleh seluruh warga madrasah yang meliputi para siswa, guru dan karyawan.

Di hadapan jamaah Zhuhur masjid Abu Bakar Ash-Siddiq MAN 21 Jakarta, Rizal mengingatkan perihal pentingnya berbuat kebaikan.

“Rugi kalau kita tidak melakukannya,” kata siswa kelas XII IIS 2 ini menegaskan. Sebab menurutnya, perbuatan baik yang dilakukan itu pada hakekatnya akan kembali kepada diri si pelaku.

Sebagaimana merujuk QS. Al-Isra: 7, siswa yang juga santri tahfizh di madrasah ini sampaikan, “Jika kamu berbuat baik maka perbuatan baik itu sesungguhnya adalah untuk dirimu sendiri.”

Adapun suatu upaya untuk menjadi yang terbaik dimaksud adalah dengan empat hal berikut.

Pertama, Seseorang akan menjadi manfaat dengan adanya ilmu. Ilmu yang diajarkan kepada orang lain kemudian orang lain amalkan akan menjadi ladang amal yang pahalanya terus mengalir.

Kedua, dengan harta. Yakni dengan cara menginfakkan atau mesodakohkan harta untuk kebaikan.

Ketiga, dengan tenaga. Melakukan gotong royong dan bekerja sama, seperti membangun jembatan dan membuat fasilitas umum lainnya. Dari hal tersebut seseorang bisa memberi manfaat untuk kepentingan orang banyak.

Keempat, dengan perbuatan baik. Melakukan kebaikan kepada orang lain termasuk upaya memberikan kemanfaatan bagi orang lain.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply