T EVALUASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MASA PANDEMI COVID-19 – SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MADRASAH ALIYAH NEGERI 21 JAKARTA (EDISI 2) | Website MAN 21 Jakarta

EVALUASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MASA PANDEMI COVID-19 – SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MADRASAH ALIYAH NEGERI 21 JAKARTA (EDISI 2)

Mayoritas siswa menggunakan perangkat elektronik berupa laptop dalam kegiatan belajar mereka dengan persentase sebesar 56,8% sedangkan 43,2% sisanya menggunakan telepon pintar (smartphone) dan tidak ada satu pun siswa yang menggunakan komputer (desktop).

Grafik 2. Gawai yang digunakan siswa

Sebanyak 68% siswa menggunakan paket data untuk suplai jaringan internet sedangkan 38% lainnya menggunakan jaringan internet nirkabel (wi-fi).

Grafik 3. Jaringan internet yang digunakan siswa

Belajar di rumah tanpa pendampingan langsung oleh guru, tanpa dukungan sarana prasarana yang memadai, dan bercampur baur dengan urusan keluarga atau rumah tangga tentulah bukan hal yang mudah bagi seorang siswa dalam menciptakan suasana belajar yang ideal. Walau gawai bukan lagi masalah namun faktor-faktor lain menjadi kendala yang menghambat keberhasilan mereka dalam belajar.

Kendala utama yang menghambat siswa saat kegiatan belajar dari rumah adalah kurang/tidak tersedianya paket data atau jaringan internet. PJJ yang mengandalkan koneksi internet akan menjadi hal yang tak berguna dan sia-sia belaka jika layanan jasa internet tidak tersedia, hal ini dirasakan oleh lebih dari 48% siswa dalam PJJ yang telah lalu yang mengeluhkan terbatasnya paket data yang mereka miliki.

Belajar mandiri tanpa pengawasan dan pengendalian guru sebagaimana halnya saat belajar di sekolah merupakan tantangan bagi siswa serta orang tuanya bagaimana mengadaptasi kebiasaan saat belajar di sekolah dengan memindahkannya ke rumah. Niat yang ikhlas menjadi hal pertama dan utama bagi siswa untuk mampu belajar mandiri. Motivasi untuk berprestasi mestinya tertanam dalam jiwa mereka untuk belajar sungguh-sungguh walau tanpa sentuhan kasih sayang seorang guru. Dengan niat yang benar dan motivasi yang tinggi siswa seharusnya bisa menerusakan kebiasaaan mereka saat belajar di sekolah ketika mereka belajar di rumah dari mulai sejak bangun tidur hingga ia mengakhiri KBM di sore hari. Namun amat disayangkan justeru dengan belajar di rumah sebanyak 24% dari siswa kelas 10 dan 11 tidak mampu mengelola waktunya dengan baik. Hal ini jelas sangat menghambat pencapaian dari tujuan belajar mereka.

Saat siswa melaksanakan pembelajaran di rumah mestinya orang tua atau wali siswa mampu memerankan dirinya sebagai guru bagi anak-anaknya, walaupun tak semua peran guru bisa digantikan oleh mereka. Misalnya satu saja dari peran guru yang dapat dilakukan oleh orang tua yaitu mengingatkan siswa akan jadwal keseharian mereka dari sejak bangun tidur hingga ia tidur lagi. Tapi pada kenyataannya banyak siswa yang orang tuanya tidak ada di rumah ketika mereka sedang PJJ, kedua orangtuanya bekerja. Alhasil siswa sendirian di rumah tanpa teman dan pengawasan siapapun, kecuali dia yang mengendalikan dirinya sendiri.

Pada sisi yang lain banyak orang tua yang sengaja memanfaatkan keberadaaan anak-anaknya di rumah untuk membantu mereka mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah yang akhirmya anak mereka tidak bisa mengikuti KBM dengan baik. Hal demikian dikeluhkan oleh 18% siswa yang merasa tidak bisa belajar dengan baik karena membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah.

Hanya 8,7% saja siswa yang punya kendala dalam belajar karena gawai yang mereka gunakan tidak mendukung proses KBM dalam PJJ yang telah lalu.

Grafik 4. Kendala yang dihadapi siswa

Perpaduan aplikasi WhatsApp dan Google Classroom yang kadang juga diselingi E-Learning Madrasah menjadi bauran media yang digunakan 78,2% guru dalam melakukan proses KBM selama PJJ berlangsung. Hanya 18,4% guru yang menggunakan Google Classroom saja dan sedikit sekali (di bawah 2%) guru yang menggunakan WhasApp saja.

Grafik 5. Aplikasi yang digunakan dalam KBM PJJ

DASUKI (HUMAS MAN 21 JAKARTA)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply