T EVALUASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MASA PANDEMI COVID-19 – SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MADRASAH ALIYAH NEGERI 21 JAKARTA | Website MAN 21 Jakarta

EVALUASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MASA PANDEMI COVID-19 – SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MADRASAH ALIYAH NEGERI 21 JAKARTA

Dampak Covid-19 membuat kegiatan sebagian besar manusia mengalami pelambatan bahkan sampai ada yang terjeda beberapa saat. Tak terkecuali dengan dunia pendidikan. Semua sektor pendidikan baik formal (sekolah), pendidikan informal, dan pesantren dipaksa harus menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi yang ada, mematuhi protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran virus dengan memindahkan aktifitas belajar mengajar dari rumah. Guru mengajar dari rumah dan siswa pun belajar di rumah. Sejak 16 Maret 2020 sekolah/madrasah di Jakarta juga di Indonesia tidak lagi menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar langsung di ruang-ruang kelas tetapi dialihkan kepada sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Setelah menjalani kegiatan PJJ selama hampir empat bulan, ada beberapa catatan yang dapat dijadikan bahan renungan bagi guru, kepala MAN 21 Jakarta, juga orang tua siswa sebagai sebuah refleksi dan evaluasi yang pada akhirnya dapat dijadikan sebagai dasar pemberian umpan balik jika PJJ kembali diberlakukan pada tahun ajaran baru 2020/2021.

Humas MAN 21 Jakarta melakukan survey terhadap siswa kelas 10 dan 11 yang telah menjalani kegiatan PJJ pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Survey dilaksanakan setelah kegiatan penilaian akhir tahun (PAT) dengan diikuti oleh 206 siswa yang terdiri atas 69,9% siswa perempuan dan 30,1% siswa laki-laki. Partisipasi tertinggi dari siswa kelas 10 IIS 1 dengan 14,1% sedangkan peran serta terendah dari kelas 11 IIS dengan tingkat partisipasi masing-masing sebesar 6,3% untuk kelas 11 IIS 1 dan 5,8% 11 IIS 2.

Grafik 1. Partisipasi kelas

– Dasuki (HUMAS MAN 21 JAKARTA)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply