T RAPAT PANITIA UJIAN PRAKTEK: TAHUN INI KELAS XII MAN 21 JAKARTA AKAN HADAPI UP, USBN, UM, UAMBN DAN UN | Website MAN 21 Jakarta

RAPAT PANITIA UJIAN PRAKTEK: TAHUN INI KELAS XII MAN 21 JAKARTA AKAN HADAPI UP, USBN, UM, UAMBN DAN UN

Jakarta, Rabu (18/1) “Meskipun kegiatan ini sudah merupakan kegiatan rutin tahunan, namun untuk mengingatkan kembali dan mengevaluasi kegiatan, kita tetap lakukan rapat ini,” Demikian jelas ketua panitia Dasuki, S.Pd, MM. saat mengawali kata sambutannya dalam rapat panitia ujian praktek kelas XII MAN 21 Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru pengampu mata pelajaran yang diujikan.

Pada tahun ini, kelas XII akan mengikuti beberapa ujian mulai dari UP (Ujian Praktek), US(M)BN (Ujian Sekolah/Madrasah Berstandar Nasional), UM (Ujian Madrasah), UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional) dan UN (Ujian Nasional), begitu kata Dasuki yang juga sebagai Wakamad. Bidang Kurikulum di madrasah ini. Sebagaimana pada tahun yang lalu (2015), UN kali ini tidak menjadi penentu kelulusan, akan tetapi menjadi salah satu indikator untuk masuk ke perguruan tinggi. Sedangkan yang akan menentukan kelulusan siswa dari sekolah/madrasah tahun ini adalah dari akumulasi nilai Ujian Praktek, USBN, UM, dan UAMBN.

Pada semester genap ini, ujian praktek merupakan ujian yang pertama kali akan dihadapi oleh siswa kelas XII. Mulai Senin (23/1) depan mereka akan diuji kemampuannya di hadapan para penguji setelah selama tiga tahun mereka mengikuti proses KBM di madrasah ini. Ujian ini akan berlangsung sampai Selasa (31/1) mendatang.

Secara teknis kegiatan ujian akan dilakukan selama 2 sesi. Sesi pertama dimulai pukul 07.00 WIB s.d pukul 11.45 WIB dan sesi kedua dimulai pada pukul 13.00 s.d.pukul 15.30 WIB.

Dari tiga jurusan yang ada, jurusan Agama, IPA dan IPS, mata pelajaran (mapel) yang diujikan adalah Al-Qur’an Hadis, Tafsir, Hadis, Fiqih, Ushul Fiqih, Tahfizh, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Fisika, Kimia, Biologi, Seni Budaya, Penjasorkes dan TIK.

Di tempat terpisah, Wakamad. Bidang Kurikulum menyampaikan bahwa agenda ujian yang akan diikuti siswa kelas XII selanjutnya adalah US(M)BN yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 sampai 25 Maret 2017. Kemudian UAMBN yang akan dilaksanakan pada 29 s.d. 31 Maret 2017. Dan UN akan digelar pada tanggal 10 s.d 13 April mendatang.

Terkait dengan pelaksanaan UN, tahun ini ada kabar gembira bagi para siswa kelas XII (SMA/MA). Mereka diperkenankan untuk memilih salah satu mata pelajaran yang diujikan. Meskipun mereka tetap mengerjakan tiga mapel wajib, yakni: Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris.

Adapun untuk mapel pilihan yang bisa mereka tentukan adalah untuk jurusan IPA, mereka bisa memilih antara mapel Fisika, Kimia atau Biologi. Sedang untuk jurusan IPS, bisa memilih antara mapel Ekonomi, Geografi dan Sosiologi. Dan untuk jurusan Agama, bisa memilih antara mapel Tafsir, Fiqih dan Hadis.

Demikian beberapa hal yang dapat diinformasikan, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan semakin matang persiapan-persiapan yang bisa dilakukan khususnya bagi para siswa kelas XII dan masyarakat pada umumnya. Adapun mengenai pengumuman kelulusan akan diinformasikan pada tanggal 12 mei 2017. (lt)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply